Rabu, 03 Februari 2016

Federal Aviation Administration (FAA) mengumumkan 300.000 pemilik dan pilot pesawat nirawak sudah mendaftarkan diri

Setelah 30 hari meluncurkan situs untuk pendaftaran, otoritas penerbangan milik pemerintah Amerika atau dikenal sebagai Federal Aviation Administration (FAA) mengumumkan bahwa ada sekitar 300.000 pemilik dan pilot pesawat nirawak (drone) sudah mendaftarkan diri secara online. Bagi warga negara dan penduduk tetap di Amerika yang melaporkan diri dalam kurun waktu bulan pertama, mereka akan menerima pengembalian biaya pendaftaran sebesar $5 USD.
FAA-drone-registration-inovasi
Pendaftaran dibuka sejak tanggal 21 Desember 2015. Pemilik pesawat nirawak dengan berat antara 0.55 lbs (250 gram) sampai 55 lbs (25 kilogram) wajib melaporkan diri. Bagi pemilik yang sudah membeli pesawat nirawak sebelumnya, mereka masih diberi kelonggaran untuk melakukan pendaftaran sampai tanggal 19 Februari 2016. Sedangkan pembeli pesawat nirawak hari ini, maka mereka harus mendaftarkan diri secepatnya sebelum menerbangkan pesawat di wilayah penerbangan milik umum.

Pendaftaran pesawat nirawak sangat sederhana karena inovasi situs web yang memudahkan pendaftar melakukannya secara online. FAA hanya membutuhkan informasi nama lengkap, alamat rumah, dan alamat email. Setelah mendaftar, para pendaftar boleh mencetak nomor registrasi dan kemudian mencantumkannya ke semua pesawat. Sertifikat pendaftaran hanya berlaku tiga tahun.

Keuntungan bagi pendaftar, mereka boleh mencantumkan nomor registrasi mereka untuk semua pesawat yang mereka miliki. Contohnya, seorang pendaftar memiliki empat pesawat, maka orang tersebut cukup mendaftarkan seorang diri, dimana nomor registrasi boleh dibubuhkan di empat pesawat.

Setelah menyelesaikan pendaftaran bagi perorangan dan pesawat ukuran kecil, maka FAA berencana membuka pendaftaran bagi operator yang bersifat komersial (pesawat ukuran besar) mulai tanggal 21 Maret 2016 yang akan datang.

(Image: top center, Small Unmanned Aircraft System Registration Service homepage)

sumber: inovasi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar